Salah satu masalah kulit yang membandal yaitu wajah yang berminyak.

Kulit wajah yang berminyak akan sangat mengganggu penampilan anda. Wajah yang berminyak juga rentan akan memicu jerawat.

Sebum merupakan zat berminyak yang bisa melembabkan kulit. Sebum juga penting untuk menjaga kesehatan pada kulit.

Tetapi, jika anda berlebihan sebum juga bisa menyebabkan kulit berminyat, pori-pori tersumbat dan akan menimbulkan jerawat.

Ada beberapa ciri-ciri wajah yang berminyak :

– Wajah berminyak dan mengkilap
– Pori-pori akan terlihat besar atau kasar
– Kulit wajah akan terlihat tebal
– Sering muncul jerawat
– Muncul komedo

1. Rutin cuci muka dengan benar

Bagi yang mempunyai kulit yang berminyak, untuk mencuci muka tidak dibolehkan dengan sembarangan dilakukan. American Academy of Dermatology Association memberikan cuci wajah dengan teratur setiap pagi, sore dan setelah siap berolahraga.

Cuci muka dengan menggunakan sabun dengan lembut dan ringan. Anda bisa menghindari sabun yang mengandung pewangi, bahan kimia berat dan pelembab tambahan.

Ada beberapa bahan yang bisa membuat kulit wajah kering hanya sesaat lalu dapat memicu kulit akan mengeluarkan lebih banyak lagi minyak.

Jangan pernah mencoba gunakan loofah, waslap ataupun produk scrub pada saat mencuci muka bisa menyebabkan kulit akan lebih menghasilkan minyak yang berlebih.

Kulit wajah yang berminyak akan sangat mengganggu penampilan anda. Wajah yang berminyak juga rentan akan memicu jerawat.

2. Pastikan kulit wajah kering

Untuk dapat mengurangi minyak pada wajah yang cukup sederhana tetpi sering dilupakan yaitu menjaga kulit untuk tetap kering.

Anda bisa pastikan jika wajah yang berminyak pada saat mengeringkan wajah sesudah mencuci muka dan menggunakan toner.

3. Gunakan kertas minyak

Banyak produk kerap serap minyak yang khususnya untuk wajah yang mudah anda dapatkan di toko atau juga supermarket.

Sering jika kertas minyak ini memang tidak dapat mengurangi produksi minyak yang berlebih.

4. Gunaan masker wajah yang benar

Menggunakan beberapa masker yang organik juga dapat menjadi jalan untuk mengurangi mintak yang berlebih di wajah.

Beberapa dari bahan masker untuk kulit wajah yang berminyak dan juga berjerawat yaitu madu, tanah liat dan juga oatmeal.

Pastikan jika untuk menggunakannya pada bagian kulit yang tersembunyi. Yang tidak ada tanda iritasi, anda bisa lanjut menggunakannya.

5. Oleskan pelembab

Banyak orang yang mempunyai wajah yang berminyak untuk menghindari pelembab disebabkan mereka khawatir jika minyak pada wajah mereka akan semakin banyak.