Jika bicara mengenai makanan yang unik, maka Jepang juga tidak kalah dengan Indonesia loh. Salah satu dari makanan unik yang berasal dari Jepang yaitu natto. Walaupun hanya sedikit orang yang pernah mencicipi bahkan mendengar makanan ini. Namun baru baru ini natto ini menjadi cukup populer di berbagai sosial media. Apakah itu natto?

Natto ialah hidangan tradisional yang asalnya jadi Jepang dan dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan. Natto juga memiliki tekstur yang lengket, berlendir, serta berserabut. Natto akan cukup mudah dikenali dikarenakan natto memiliki ciri khas bau yang agak menyengat di hidung, tetapi rasanya masih seperti kacang. Biasanya natto disantap menggunakan mustard, kecap, daun bawang, ataupun bumbu bumbu lainnya dan dapat disajikan dengan nasi.

Meskipun memiliki tekstur serta rasa yang unik, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari makanan ini. Apa saja itu? Yuk, mari kita simak.

1. Kaya Akan Nutrisinya

Natto memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dikenal sebagai makanan yang sangat bergizi dikarenakan natto telah melewati proses fermentasi dan ada kandungan probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh kita. Salah satunya membuat agar makanan yang kita makan lebih gampang dicerna serta mudah bagi usus dalam menyerap nutrisi.

2. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Natto juga dapat membantu untuk pertahanan pertama pada usus agar melawan racun serta bakteri yang berbahaya. Para peneliti menyatakan bahwa bakteri probiotik ini sangat membantu dalam mengurangi sembelit, gas, kembung, dan diare serta radang pada usus.

3. Memperkuat Tulang

Natto sangat kaya akan nutrisi yang dapat membantu menyehatkan dan memperkuat tulang kita. Selain itu juga natto memliki vitamin k2 yang dikenal cukup langka. Vitamin K2 memiliki peran yang penting dalam kesehatan tulang serta mengaktifkan protein yang bagus untuk tulang.

Studi pun berhasil menunjukkan bahwa vitamin K12 memiliki fungsi dalam memperlambat hilangnya kekuatan pada tulang akibat penuaan usia pada seseorang, dan natto juga mampu mengurangi resiko terkena patah tulang pada seseorang.