Liga-liga Eropa telah memulai paruh kedua musim ini. Pertarungan untuk memperebutkan gelar terbuka di banyak kejuaraan dan CIES, observatorium sepak bola, telah membuat proyeksi statistik tentang bagaimana masing-masing kejuaraan akan berakhir pada akhir tahun. Analisis telah dibangun dengan menggunakan model statistik, dengan mempertimbangkan upaya dan tembakan ke gawang, penguasaan bola, serta operan tim itu sendiri dan lawan di sepertiga terakhir lapangan.

Dalam kasus Spanyol, CIES mengamati seorang juara Atlético di akhir musim, dengan 81 poin, tetapi hanya unggul tiga poin atas Barcelona. Ketiga adalah Real Madrid dengan 74 poin di akhir Liga. Tempat terakhir di Liga Champions, menurut CIES, adalah untuk Sevilla, dengan 67 poin, tiga lebih banyak dari Real Sociedad. Di Italia, Inter baru saja memimpin sebelum memainkan derby melawan Milan. Dan CIES melihat Conte menjadi juara di akhir musim dengan keunggulan kecil dua poin atas Milan. Juventus, menurut proyeksi ini, akan finis ketiga, tiga poin di belakang sang juara. Napoli akan finis keempat, memenangkan dua tempat dari klasemen saat ini.

Bundesliga, menurut CIES, akan berakhir dengan pemimpin yang sama seperti sekarang. Bayern akan kembali memenangkan gelar dengan keunggulan enam poin atas Leipzig. Kejutan datang dari Leverkusen, yang naik dua posisi untuk menempati posisi ketiga, dengan poin yang sama dengan Wolfsburg, yang berada di urutan keempat. Ini akan membuat Dortmund asuhan Haaland tersingkir dari Liga Champions di posisi kelima. Di Prancis akan ada perubahan nyata dari apa yang ditentukan oleh klasifikasi sekarang. Menurut CIES, juaranya adalah Lyon, dengan 82 poin, satu poin lebih banyak dari PSG. Ketiga akan menyelesaikan Lille, yang sekarang memimpin kejuaraan. Monaco akan tetap di posisi keempat.

City telah memberikan kudeta di Premier dan situasinya tidak akan berubah, menurut proyeksi statistik. Tim asuhan Guardiola akan memenangi gelar dengan 86 poin, 14 lebih banyak dari Manchester United. Posisi ketiga ditempati Liverpool dengan 69 poin, satu poin lebih banyak dari Chelsea, yang akan mencapai posisi Liga Champions. Everton (8), Tottenham (9) dan Arsenal (11) tidak akan finis di posisi kehormatan.

Begitulah cara Liga Smartbank akan tetap ada.

CIES juga memproyeksikan bagaimana Divisi Kedua akan berakhir di Spanyol. Dalam hal ini, analisis menunjukkan bahwa Mallorca akan memimpin dengan 82 poin, diikuti oleh Espanyol, dengan 77, dan Almería akan finis ketiga. Setelah Andalusia, Leganés, Rayo dan Sporting menempati tempat playoff promosi.