Anime Astro Boy Manusia Robot Merupakan Ide Dari Bom Atom

Pada tahun-tahun pascaperang, Jepang tumbuh menjadi negara adidaya ekonomi. Memiliki daya tarik dengan teknologi, negara ini menjadi pemimpin dunia dalam produksi mobil dan elektronik. Namun dalam karakter seperti Astro Boy, kita melihat beberapa ketegangan zaman modern: gagasan bahwa teknologi tidak akan pernah bisa menggantikan manusia, dan bahwa kemampuan teknologi untuk membantu umat manusia hanya sebanding dengan kemampuannya untuk menghancurkannya.

My inspiration: Satoshi Kitamura on why he loves Osamu Tezuka's Astro Boy  and manga | Children's books | The Guardian

Terinspirasi Dari Kejadian Bom Hiroshima Dan Nagasaki

Ada juga efek samping dari bom, beberapa di antaranya masih terasa sampai sekarang: anak-anak tidak memiliki orang tua, yang lain bahkan yang belum lahir dibiarkan lumpuh permanen oleh radiasi. Untuk alasan ini, tema yang berulang dalam film anime adalah anak yatim piatu yang harus bertahan hidup sendiri tanpa bantuan orang dewasa yang banyak di antaranya digambarkan tidak kompeten.

Akiyuki Nosaka menceritakan pengalaman pribadinya sebagai seorang anak selama perang dalam film anime populer Grave of the Fireflies, yang menceritakan kisah seorang anak laki-laki dan saudara perempuannya yang melarikan diri dari serangan udara dan bom api, mencari jatah apa pun yang dapat mereka temukan. selama bagian terakhir perang.

Menciptakan Anime Dengan Hadirnya Karakter Manusia Robot

Sementara itu, dalam karya-karya Hayao Miyazaki, seringkali ada anak yatim piatu perempuan yang kuat dan kuat atau perempuan muda yang mandiri, baik itu di Kiki’s Delivery Service, Howl’s Moving Castle, atau Castle in the Sky.Demikian juga, dalam Akira karya Katsuhiro Otomo, orang dewasalah yang bertengkar: mereka memperebutkan kekuasaan, dan nafsu mereka untuk mengendalikan teknologi aneh dan asing dari Akira menyebabkan bencana seperti bom atom di akhir film. Karakter remaja, di sisi lain, menampilkan akal sehat sepanjang film.

Pesannya tampaknya adalah bahwa orang dewasa bisa sembrono ketika keinginan manusia akan kekuasaan dan ambisi melebihi apa yang penting di Bumi. Dan anak-anak, yang masih belum ternoda oleh sifat buruk yang menimpa umat manusia di masa dewasa dan cukup polos sampai berpikir secara rasional, adalah orang-orang yang akhirnya membuat keputusan paling praktis secara keseluruhan.

Banyak keluarga menjadi yatim piatu akibat perang, dan juga bom, sehingga sejumlah anak juga bermutasi atau terkena dampak bom. Dalam anime dan manga, ini terlihat dalam bentuk mutasi radioaktif atau memiliki beberapa kekuatan luar biasa, selain mengambil lebih banyak tanggung jawab orang dewasa di usia dini.

Ide-Ide Seperti Bom Atom, Radiasi, Dampak Bom Atom Di Masukan Ke Animasi

Sejumlah film menampilkan karakter yang menampilkan kekuatan atau kemampuan khusus, dengan radiasi sering menjadi penyebab utama. Beberapa film yang mengeksplorasi ide kejadian atau eksperimen tidak biasa yang menghasilkan anak muda memiliki kemampuan luar biasa antara lain Inazuman dalam komik dengan nama yang sama dan karakter Ellis dalam komik El Cazador de la Bruja Pemburu Penyihir.

Selain itu, serial manga Barefoot Gen menceritakan kisah sebuah keluarga yang dihancurkan oleh bom atom, dengan seorang anak laki-laki dan ibunya satu-satunya yang selamat. Keiji Nakazawa secara longgar mendasarkan komik ini pada hidupnya sendiri: tumbuh dewasa, Nakazawa menyaksikan seorang saudara perempuan meninggal beberapa minggu setelah lahir karena penyakit radiasi, dan menyaksikan kesehatan ibunya dengan cepat memburuk pada tahun-tahun setelah perang.