Gula merah adalah salah satu bumbu dapur yang cukup sering di gunakan dalam masakan. Bukan makanan utama saja, gula merah juga banyak di temukan dalam jajanan tradisional. Rasa manis dan lumer di lidah akan kamu rasakan saat menyantap jajanan tradisional.

Lalu, apa saja jajanan tradisional yang ada gula merahnya? Supaya bisa menambah pengetahuan kamu, berikut ini sudah enatimedia.com kumpulkan untuk kamu beberapa daftar jajanan tradisional berbahan gula merah.

1. Kue Putu

Kue Putu

Proses pembuatan kue putu terbilang cukup unik, karena bahan adonan kue akan di masukan dalam ruas batang bambu. Namun di jaman yang sudah maju sekarang ini banyak pedagang yang beralih menggunakan cetakan dari pipa plastik. Kue hijau dengan bentuk tabung ini biasanya di isi dengan gula merah serta taburan kelapa sebagai toping.

2. Klepon

Klepon

Klepon memiliki isian gula merah yang dapat melumer di dalam mulut ketika kamu mengigitnya. Kue hijau dengan isian gula merah ini diselimuti dengan parutan kelapa, sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan manis serta memiliki tekstur yang kenyal.

3. Cenil

Cenil

Jajan tradisional satu ini paling banyak di temukan di Pulau Jawa. Cenil terbuat dari parutan singkong dan tepung sagu, cenil biasanya di sajikan dengan taburan parutan kelapa yang kemudian di siram dengan lelehan gula merah.

4. Lupis

Lupis

Kue berbentuk segi tiga ini terbuat dari beras ketan dan di bungkus dengan daun pisang saat proses pengolahannya. Cita rasa yang di tawarkan jajanan satu ini sangat nikmat terlebih lagi lelehan gula merah yang disiramkan langsung.

5. Kue Laklak

Kue Laklak

Kue ini asalnya dari Bali, mirip dengan serabi, tapi ukuran kue ini lebih kecil lagi. Kue laklak di buat dari rebusan daun suji dan tepung beras, kemudian di sajikan dengan toping parutan kelapa serta lelehan gula merah.

Itulah lima jajanan tradisional berbahan gula merah yang di jamin mengoyang lidah saat kamu mencicipinya.

Dari lima jajanan di atas ada yang sudah pernah kamu coba? Atau semuanya sudah ? Coba koment ya!