Oleh-oleh Khas Gunung Mas Yang Wajib Kamu Beli

Gunung Mas adalah nama kabupaten yang berada di Kalimantan Tengah dengan pusat pemerintahan yang di beri nama Kuala Kurun. Mayoritas penduduk yang tinggal di Kabupaten ini adalah suku Dayak.

Daerah ini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan karena menyimpan banyak keindahan wisata alam yang menawan.

Jika kamu memiliki keinginan untuk berwisata di Gunung Mas, oleh-oleh khas daerah ini wajib kamu bawa pulang sebagai kenangan-kenangan. Berikut ini sudah enatimedia.com kumpulkan beberapa oleh-oleh khas Gunung Mas yang paling banyak di cari untuk kamu.

1. Kecapi

Kecapi

Kecapi adalah alat musik tradisional Kalimantan yang di buat dari kayu hanjalulung dengan bentuk yang menyerupai burung enggang. Perlu kamu tahu juga jika burung enggang merupakan hewan yang di anggap sakral bagi suku Dayak.

Saat kamu berkunjung ke Kalimantan dan terdapat sebuah acara penyambutan, kamu akan melihat masyarakat setempat memainkan musik tradisional dengan kecapi ini.

2. Akar kuning

Akar kuning

Akar kuning menjadi oleh-oleh yang cukup banyak di cari karena memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Manfaat akar kuning bagi kesehatan adalah bisa memperbaiki fungsi hati, menyembuhkan hepatitis, meningkatkan imun, menyembuhkan diabetes, penyakit kuning, anti malaria, hingga mencegah kanker.

Cara mengkonsumsi tanaman tradisional ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu merebus akar kuning ini dengan air selama 15 menit. Lalu diamkan air hingga dingin, kemudian saring dan minum air dari rebusan akar tadi.

Akar kuning juga bisa di manfaatkan sebagai obat luar. Caranya adalah dengan menumbuk akar kuning sampai halus dan tambahkan sedikit garam, kemudian oleskan pada area yang sakit.

3. Buah kalangkala

buah kalangkala

Buah hutan asli Kalimantan ini memiliki cita rasa yang gurih. Cara pengolahan buah ini tidak sulit dan cukup unik, yaitu hanya dengan di siram menggunakan air panas saja.

Biasanya buah kalangkala akan di hidangkan bersama dengan cabai, bawang merah, bawang putih, dan garam. Buah ini juga bisa di tumbuk bersamaan dengan cabai, terasi, dan di tambah sedikit air hingga seperti rujak buah.

Nah, itu tiga oleh-oleh khas Gunung Mas yang harus kamu ingat bawa pulang sebagai buah tangan saat kembali dati Kalimantan.