Bahaya meorkok untuk tubuh kita dan juga untuk kesehatan kita sudah sangat sering di bahas dan juga sudah menjadi pembahasan di berbagai tempat. Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan kita karena memiliki berbagai kandungan kimia yang ada di rokok.

Kandungan yang dimiliki oleh rokok sangat banyak yang dapat membahayakan tubuh. Efek dari merokok mungkin saja tidak akan langsung muncul tetapi seiringnya waktu zat yang ada di dalam rokok akan sangat berdampak buruk bagi tubuh kita nanti.

Ada beberapa dampak dan akibat dari morokok sebgai berikut:

  • Resiko terkena kanker

Merokok dapat menyebabkan kita mendapatkan kanker. 90 persen penyebeb kematian lebih banyak di akibatkan oleh kanker paru-paru.

Tidak hanya kanker paru-paru tetapi merokok juga mneyebabkan kanker di bagian tubuh kita yang lainnya sepert:

  1. GInjal
  2. Serviks
  3. Hati
  4. Laring
  5. Mulut
  6. Pankreas
  7. Perut
  8. Kolon
  9. Kerongkongan
  10. Faring, Dan
  11. Kantung Kemih

Sel yang ada pada tubuh akan terpapar oleh rokok yang bisa membahayakan sel-sel yang ada pada dalam tubuh kita.

  • Resiko Diabetes

Merokok juga dapat membuat kita mendapat kan penyakit diabetes bahkan perokok yang aktif 35%-45% lebih tinggi untuk terkena diabetes dari pada orang yang tidak merokok atau perokok pasif.

Dikarenakan nikotin yang terdapat pada rokok membuat kadar gula yang ada di dlaam tubuh kita menjadi tinggi ataupun rendah. Selain itu juga nikotin yang masuk ke tubuh kita akan menyumbat atau membuat responsinsulin menjadi lemah.

  • Sistem imun yang melemah

Asap rokok mengandung zat kimia yang juga bisa melemahkan tubuh kita atau kekebalan tubuh kita. Disaat tubuh kita melemah tubuh kita tidak dapat melawan infeksi yang masuk pada tubuh kita. Hal ini memnuat kita lebih rentan tekena penyakit dari pada orang yang tidak merokok.

  • Sakit gigi dan mulut yang berlebihan

Orang sering merokok lebih mudah unuk terkena sakit gigi di karenkan nikotin yang terdapat pada rokok tertinggal di dalam mulut sehingga zat kimia yang merangsang pada mulut menghancurkan tulang penopang gigi.

  • Gangguan indra penciuman

Racun yang terdapat di rokok akan membuat kita untuk susah merasakan rasa yang ada di dalam mulut kita akibatnya mulut kita menjadi susah untuk merasakan rassa yang manis maupun pahit seiring berjalannya waktu. Namun hal yang satu ini tidak akan permanen jika anda berhenti merokok makan rasa mengecap anda akan kembali seperti semula.