Beberapa orang Menyakini bahwa jika kita memkan telur mentah akan menambah stamina dan juga memingkatkan kebugaran tubuh. Tetapi, Ada juga yang beranggapan jika memakan telur mentah akan meningkatkan resiko terinfeksinya bakteri salmonella.

Telur adalah sumber protein yang bisa di anggap murah, Praktis, dan juga mudah di olah. Selain itu juga bisa di kreasikan dengan menjadi berbagai macam menu, Telur juga mempunyai nilai gizi yang bisa di bilang lumayan tinggi.

Dalam sebuah telur mentah memiliki kurang lebih 70-75 kalori, 6-7 Gam protein, 4-6 Gram lemak, 350 Miligram kolesterol, dan juga 1.6 Gram lemak jenuh. Sebuah telur juga mengandung berbagai macam Vitamin dan juga mineral seperti:

  1. Vit A
  2. Vit B
  3. Vit E
  4. Folat
  5. Slenium
  6. Fosfor
  7. Kalium
  8. Zatbesi

Sebuah telur mengandung antioksidan dan juga asam lemak omega-3 serta kolin yang baik bagi kesehatan saraf dan juga otak kita. Berkat kandungan nutrisi yang ada pada telur,kini telur menjadi makan favorit makanan beberapa orang.

Meski cara memasak telur yang umumnya hingga matang atau setengah matang ada juga beberapa orang yang menyukai memakan terlu dengan keadaan mentah atau belum matang. Karena mereka mempercayai bahwa terlu yang dimakan secara mentah memberi gizi yang lebih tinggi dari pada memakan telur yang telah di masak.

Apakah kandungan sebuah telur mentah lebih tinggi dari pada telur masak?

Kandungan gizi yang terdapat pada telur mentah sebenarnya tidak jauh berbeda dari telur yang telah di masak. Namun jika memasak telur tidak akan membuat kandungan nutrisi yang terdapat di telur menjadi berkurang.

Sebaliknya jika kita memakan telur mentah itu akan mempengaruhi penyerapan pada protein ke tubuh kita. Sebuah telur yang telah di masak akan lebih mudah di serap oleh tubuh 90% dari pada telur yang masih mentah yang hanya mampu di serap oleh tubuh 50%.

Resiko jika kita memakan telur mentah

Mengkonsumsi telur mentah yang telah di ternak atau tidak higienis akan menyebabkan resiko kita terkena infeksi bakteri salmonella. Bakteri salmonella biasanya terdapat di cangkang telur. Terkadang juga bisa masuk ke dalam telur jika ada retakan yang terdapat pada sebuah telur.

Jika kita memakan makanan yang terkena salmonella itu akan mengakibatkan kita keracunan makanan. Kondisi ini dapat mengakibatkan Mual, Diare, Muntah, Sakit perut, dan juga demam.

Cara mencegah kita keracunan salmonella adalah kita di wajibkan untuk memasak telur hingga matang sebelum kita mengkonsumsinya. Suhu yang panas terbukti dapat menghilangkan bakteri yang terdapat pada telur yang akan di konsumsi.