(Polusi udara).

Pencemaran lingkungan sudah menjadi masalah utama bagi setiap negara, Terutama masyarakat yang tinggal di perkotaan. Semakin padatnya suatu wilaya maka akan semakin sulit untuk mengendalikan pencemaraan lingkungan di suatu tempat. Kurangnya kesadaraan yang dimiliki oleh beberapa masyarakat membuat lingkungan kita menjadi tercemar.

Ada beberapa jenis pencemaraan yang ada pada dunia ini kita akan membahasnya yaitu:

  • Pencemaran tanah

Saat beberapa area terkontaminasi atau tercemarmaka kondisi itu disebut kontaminasi area di bagian tanah atau pencemaran tanah yang mengarah pada suatu pencemaraan.

  • Pencemaraan udara

Tersebarnya zat-zat yang sangat berbahay dan juga beracun seperti bahan polutan akan mengakibatkan kontaminasi zat yang melalui udara dan itu akan sangat buruk, Karena jika tercemar ke udara ,maka kita akan sulit untuk bernafas dengan udara yang bersih.

  • Pencemaran plastik

Pencemaran yang satu ini disebabkan oleh orang-orang yang kurang nya kesadaran diri akan berbahaya nya jika sampah di buang sembarangan. Karena sampah platik akan sangat sulit untuk terurai di karenakan jika kita ingin mengurai sampah plastik itu akan memerlukan waktu yang sangat lama.

  • Pencemaran air

Pencemaran yang satu ini bisa terjadi di berbagai tempat yang memiliki genangan air. Ketika kita membuang sampah ke aliran sungai, danau dan juga laut itu akan membuat ekosistem yang ada di dasar menjadi terganggu.

Penyebab terjadinya pencemaran lingkungan

  • Pembuangan sampah secara sembarangan

Pencemaran yang satu ini berkaitan dengan pembuangan sampah secara sembarangan. Kurangnya kesadaran dari masyarakat kepada lingkungan yang sedang di tinggali menjadi penyebab pencemaran lingkungan di bagian sampah. Sampah yang di buang secara sembarang bisa menjadi sumber dari masalah pencemaran lingkungan karena itu kita harus sadar dari sekarang untuk tidak membuang sampah secara sembarangan.

  • Asap dari pabrik dan kendaraan

Sangat di sayangkan dengan di jualnya kendaraan beroda 2 maupun 4 karena itu membuat lingkungan kita menjadi di penuhi dengan kendaraan yang dapat menimbulkan pencemaran polusi. Sangat berbeda dengan negara maju yang lainnya, Mereka pada umumnya hanya boleh memiliki satu kendaraan untuk satu keluarga agar dapat melindungi lingkungan yang sedang mereka tempati.