Setiap orang pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda apalagi di dalam sebuah keluarga, Terutama anak sulung yang mempunyai ciri khas yang berbeda. Ada beberapa fakta dan juga sifat tentang anak sulung sebagai berikut.

  • Mempunyai sifat yang bertanggung jawab lebih tinggi

Semua orang tua yang ada di dunia ini pasti ingin anak nya memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Rasa tanggu jawab ini muncul karena ajaran dari orang tuang nya yang selalu mendisiplinkan da juga gaya pengasuhan yang di terapkan dengan baik.

Pada kasus biasanya anak yang paling besar di dalam keluarga memiliki tanggung jawab yang lebih tinggi dari pada adik-adiknya. Karena orang tua biasanya pasti mengajarkan kepada anak yang lebih tua utuk selalu menjaga atau melindungi adik-adiknya. jika itu di ajarkan setiap hari maka akantumbuhlah atau terbentuklah rasa tanggung jawab yang besar dari seorang kakak.

  • Lebih mandiri

Jika orang tua selalu menanamkan rasa tanggung jawab dan juga kepercayaan pada seorang anak makan itu juga membuat anak itu menjadi lebih mandiri. Kemandirian itu tiba bisa langsung tumbuh secara langsung, itu harus di ajarkan secara terus menerus agar sifat mandiri itu bisa terbentuk.

Bisa juga di mulai dari merapikan pakaian agar tidak berantakan dan juga mengurus keperluan sendiri karena orang tua yang sibuk mengurus adiknya.

  • Perfeksionis

Anak yang lebih tua pasti cenderung memiliki sifat yang perfeksionis di karenakan mereka sangat tertantang jika mendapatkan tugak tertentu. Sebagian anak pasti menerapkan standar yang bisa di bilang tinggi untuk mereka sendiri.

Itu menjadi sifat yang bisa kita temukan pada anak sulung. Biasanya sifat ini muncul juga di karenakan mereka melihat apa yang di lakukan orang tuannya dalam hal yag benar.

  • Merasa takut dirinya gagal

Beberapa anak sulung yang mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari orang tuannya secara tidak langung merakan kan dirinya takut gagal dan juga mengecewakan orang tuanya. Karena anak sulung merasa dia harus menjadi contoh yang baik bagi adik-adiknya.

Di sisi lain anak sulung cenderung tidak berani untuk mengambil resiko tinggi dalam hal melakukan sesuatu karena takut akan kegagalan dan juga takut runtuhnya kepercayaan orang tuanya yang telah di percayakan kepada anak sulung.

  • Cenderung menjadi pemimpin

Tidak hanya untuk seorang adik, tetapi ini juga bisa di lihat dari seorang anak sulung yang cenderung mempunyai sifat pemimpin untuk adik-adiknya ketika orang tuanya sedang bekerja atau melakukan pekerjaan rumah. Karena dia telah terbiasa memimpin adik-adiknya dan juga diri sendiri.

Jika orang tua memulai mengajari anak sulung nya dalam hal memimpin maka itu harus terus di awasi dikarenak jika seorang anak terlalu berlebihan dalam hal memimpin maka itu bisa membuat dia suka memerintah kepada orang-orang.