Lingkungan yang kita tempati memang tidak akan lepas dari kehidupan manusia. Karena itu kita harus menciptakan lingkungan yang nyaman untuk kita. Jika kita mendengar kata lingkungan mungkin saja kita akan di ingatkan dengan alam dan juga tatanan masyarakat. Usia bumi juga sudah bisa di bilang tua, akan tetapi kesadaraan yang dimiliki oleh masyarakat di sekitar masih kurang peduli.

Apa itu pencemaraan lingkungan?

Pencemaran lingkungan merupakan perubahan yang di sebabkan oleh alam yang dilakukan oleh manusi dalam hal Teknologi dan Pembangunan. Kerusakan yang terjadi di lingkungan pada dasarnya susah untuk di perbaiki kembali. Karena itu lebih baik kita mencegah dan mengantisipasi sebelum terjadinya kerusakan.

Beberapa Penyebab terjadinya Pencemaran Lingkungan

  • Asap Pabrik

Asap yang di keluarkan dari pabrik bisa menyebabkan pencemaran lingkungan dan juga membuat kerusakan alam. Hal yang satu ini bukanlah pengetahuan yang baru, karena jika kita tinggal atau menempati daerah kawasan industri pasti sudah tidak dengan asap hitam yang menjulang di langit mereka. Asap yang di keluarkan dari suatu pabrik bisa menyebabkan udara yang kita hirup menjadi kotor atau tidak bagus untuk paru-paru kita. Gas yang di keluarkan dari pabri bisa menyebabkan udara kita menjadi tercemar dan juga bisa membuat hujan asam yang dapat membuat kulit kita menjadi tidak sehat.

  • Asap dari kendaraan Bermotor

Di zaman ini semua manusia memang tidak akan bisa lepas dari kendaraan bermotor. Oleh karena itu asap yang di

timbulkan dari kendaraan bermotor bisa menyebabkan pencemaran lingkungan yang lebih tinggi dari Asap pabrik, karena hari setiap hari kita kan menemukan kendaraan yang melintas. Asap yang di keluarkan oleh kendaraan bermotor mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh dan juga kesehatan kita seperti Timbal. Karbon monooksida, oksida nitrogen, dan oksida fotokimia.

  • Limbah dari Industri

Selain asap dari pabrik, Sebuah kawasan industri juga bisa menghasilkan limbah yang dapat mencemari sebuah lingkungan. Limbah yang di keluarkan oleh pabrik biasanya berupa Kertas, Cat, Pupuk, Tekstis, dan Emas. Jika limbah tidak di kelola dengan baik maka akan berakibat menjadi pencemaran lingkungan yang bisa merusak tanah yang di tempati di kawan tersebut dan juga mencemari air di kawasan tersebut.

  • Asap dari rokok

Menghisap rokok tentunya sudah membawa dampak negatif bagi penhisapnya. Selain mengganggu kesehatan kita, Rokok juga bisa menyebabkan lingkungan kita menjadi tercemar. Jumlah orang yang merokok makin lama kian membanyak yang menyebabkan kualitas udara kita menjadi sangat menurun. Semakin tinggi orang yang merokok, semakin tinggi pula kerusakan lingkungan yang bisa terjadi. Upaya yang di lakukan oleh pemerintah dalam upaya mengurangi pengurangan merokok di beberapa tempat dengan di tandai kawasan DILARANG MEROKOK.