Diabetes merupakan penyakit yang akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dan juga akan di tandai dengan meningkatnya gula darah kita yang berada di atas normal. Diabetes memiliki 2 jenis yaitu Tipe 1 dan juga Tipe 2.

Penyebab Diabetes

Hal ini di sebabkan oleh gangguan yang ada pada dalam tubuh kita, yang membuat tubuh kita tidak dapat memproses glukosa darah ke dalam sel-sel kita, sehingga membuat glukosa darah menumpuk di dalam darah.

Diabetes dengan tipe 1 memiliki gangguan pada sistem kekebalan tubuh kita yang biasa menyerang bakteri atau virus yang berbahaya bagi tubuh kita. Tipe 1 akan menyerang penghasil insulin kita, Sehingga gula yang biasanya di ubah menjadi energi malah menjadi menumpuk di dalam sel darah kita.

Sedangkan yang terjadi pada diabetes 2 adalah tubuh kita bisa menghasilkan insulin dengan normal, namun insulin yang di produksi tidak di gunakan secara normal. kondisi yang satu ini biasanya di sebut juga dengan resistensi insulin.

Faktor-Faktor Risiko Diabetes Tipe 1

  • Faktor yang pertama adalah usia, yang memiliki penyakit satu ini biasanya pada umur 4-7 tahun dan juga pada anak-anak yang berumur 10-14 yahun.
  • Riwayat keluarga atau juga keturunan, Biasanya jika ada keluarga kita yang terkena diabetes tipe 1 itu akan memicu penularan pada keturunannya, karena ada hubungan dengan gen tertentu.
  • Faktor lainnya adalah meminum susu sapi terlalu cepat atau dini. airĀ  yang memiliki kandungan natrium nitrat, gluten dan juga sereal akan membuat seseorang terkena diabetes dengan lebih mudah.

Faktor-Faktor Risiko Diabetes Tipe 2

  • Gaya hidup yang tidak normal seperti jarang beraktifitas di luar maupun olahraga
  • Memiliki Berat badan yang berlebihan atau obesitas
  • Lemak perut yang terlalu banyak atau tinggi
  • Biasanya terjadi pada usia 45 tahun.

Gejala pada Diabetes

Gejala yang di alami setiap orang berbeda-beda namun secara umumnya gejala yang di alami oleh pengidap diabetes tahap 1 maupun 2 seperti meningkatnya haus dan penglihatan yang mulai berkurang atau mulai melihat dengan tidak jelas, Penderita diabetes juga akan terkena infeksi yang biasanya terjadi di bagian gusi ataupun kulit.